Rabu, 26 Oktober 2011

PCMAV 6.0 Asgard Okt 2011 sudah beredar

PCMedia AntiVirus disingkat PCMAV adalah perangkat lunak antivirus buatan PCMedia, sebuah majalah komputer Indonesia. 


Artikel berikut ini akan membahas mengenai :
- kelebihan PCMAV dibanding dengan antivirus lain,
- penggunaan engine Clamav pada PCMAV, dan
- mengapa PCMAV dideteksi sebagai virus oleh antivirus lain.

Download PCMAV 6.0 Asgard disini

Beberapa keunggulan PCMAV yang membedakannya dengan antivirus sejenis antara lain:



  • ANTIVIRUS TERBAIK: Mengenali sekaligus mengatasi gangguan virus  komputer, baik virus lokal maupun asing, yang banyak menyebar di Indonesia lebih banyak dari antivirus lainnya di dunia. 
  • BERSIH TUNTAS: Dengan daya basmi PCMAV yang tangguh, virus yang  membandel sekalipun dapat diburu sekaligus dibersihkan secara tuntas  sampai ke "akar-akarnya" tanpa sisa.
  • PEMULIHAN SISTEM: Settingan registry dan file sistem penting Windows  yang telah "rusak", baik oleh virus maupun akibat penggunaan  antivirus lain yang kurang handal, mampu diperbaiki (repair) secara  menyeluruh hingga pulih 100%.
  • PENYELAMATAN DOKUMEN: Folder maupun file dokumen penting Anda yang disembunyikan (hidden) maupun terinfeksi oleh virus dapat dipulihkan  secara sempurna hingga 100% tanpa khawatir risiko kehilangan atau  kerusakan pada file.
  • PENDETEKSIAN TERCEPAT: Dengan algoritma spesial yang terdapat dalam  kode komponen inti pendeteksiannya dan dukungan teknologi multi- thread nan kompleks, meski memiliki database virus terbesar, PCMAV  mampu menghasilkan performa yang begitu cepat dibanding antivirus lain  yang pernah diproduksi di Indonesia.  
  • RINGAN & HEMAT MEMORY: Dengan pengenalan database virus terbesar di Indonesia, PCMAV merupakan satu-satunya antivirus yang paling sedikit dalam pemakaian memory (rata-rata hanya 2 MB-an), sehingga mampu menghemat secara signifikan penggunaan sumber daya komputer dan tidak memberatkan sistem.
  • SANGAT AKURAT: Dengan formula khusus yang unik mampu menjadikan PCMAV  sebagai salah satu antivirus terbaik di dunia dalam hal tingkat  akurasi pendeteksian virus yang dikenal, sehingga kesalahan dalam  penyelamatan file/dokumen dapat dihindari.
  • UPDATE OTOMATIS: Puluhan hingga ratusan virus baru ditemukan di Indonesia setiap bulannya. Secara otomatis, dengan online update  secara reguler, PCMAV akan melindungi komputer Anda dari ancaman virus terbaru.
  • MENGENALI VIRUS BARU: Teknologi "GeneticHeuristic" yang unik secara efektif mampu mendeteksi virus baru yang belum dikenal, bahkan untuk virus script baru sekalipun, yang sering lolos oleh antivirus lain.
  • PEMERIKSAAN MENYELURUH: Teknologi multi-point scanning di PCMAV efektif dalam menghindari lolosnya virus yang mampu otomatis aktif baik sebagai kode injeksi, rootkit, process, services, sampai yang terjadwal sekalipun.
  • DUAL-CORE ANTIVIRUS ENGINE: Engine PCMAV dapat dikombinasikan dengan  engine ClamAV terbaru untuk mendapatkan hasil pendeteksian dan perlindungan virus yang lebih banyak, bahkan hingga 800.000 virus/malware lebih.
  • MUDAH DIOPERASIKAN: Menu dan tampilan dari sebuah program antivirus kini begitu menyenangkan, mudah dioperasikan dan tidak ribet.
  • TANPA INSTALL: PCMAV bersifat portable, sehingga dapat dioperasikan secara langsung tanpa perlu meng-install-nya.
  • KEBANGGAAN INDONESIA: Antivirus produksi nasional pertama di Indonesia yang berkualitas dalam mengatasi secara tuntas berbagai jenis gangguan virus komputer yang membandel, dengan pengenalan virus terbanyak dan tingkat akurasi pendeteksian yang sangat tinggi.
  • AHLI TERPERCAYA: Dengan pengalaman sejak tahun 1992, pengembang antivirus di PC Media merupakan peneliti ahli di bidang virus komputer dan reverse code engineering, serta pembuat antivirus yang sungguh berpengalaman di Indonesia. Oleh karenanya, kami tahu benar bagaimana menghasilkan antivirus terpercaya dan terbaik sesuai kondisi pengguna komputer di Indonesia.
  • DUKUNGAN PC MEDIA: PCMAV didukung penuh oleh PC Media Group, kelompok  penerbitan media komputer terbesar di Indonesia, yang menerbitkan majalah komputer bulanan PC Media, majalah bulanan InfoLINUX dan tabloid komputer dwi-mingguan PC Mild.
  • GRATIS: Merupakan bonus ekstra bagi pelanggan setia majalah PC Media edisi terbaru yang terbit tiap bulan.

Yang baru di PCMAV 6.0 :

a. Extensions Manager: penambahan extension sehingga total tersedia 9 extension siap pakai, yaitu:
  • Attribute Fixer: menormalkan kembali attribut file/folder yang diubah oleh virus menjadi hidden/system/read only.
  • Autorun Disabler: menonaktifkan fungsi Autorun pada drive tertentu atau semua drive sehingga mencegah penularan virus melalui manipulasi autorun.
  • Autorun Remover: menghapus file autorun yang ditemui pada drive system maupun USB.
  • Delete On Reboot: menghapus file yang dipilih pada reboot selanjutnya, berguna untuk menghapus file yang diproteksi oleh process tertentu sehingga tidak dapat dihapus.
  • Duplicate Files Finder: mencari file yang sama berdasarkan karakteristik tertentu sesuai dengan metode deteksi yang dipilih.
  • Registry Fixer: memperbaiki registry Windows yang sering dimanipulasi oleh virus.
  • Secure Delete: menghapus file dengan aman sehingga tidak dapat di-recover/undelete.
  • Task Manager: menampilkan process yang sedang aktif di memory dan menghentikannya jika diperlukan.
  • TCP Viewer: menampilkan koneksi TCP sehingga dapat memantau process mencurigakan seperti virus yang diam-diam menggunakan koneksi Internet.

b. Virus Submit: Mengarahkan browser ke website yang telah disediakan khusus untuk upload file virus atau file mencurigakan agar dapat dianalisa oleh tim PCMAV.


c. Mendukung pengiriman data statistik ke server sebagai backbone untuk pengembangan PCMAV lebih lanjut. Data yang dikirim *tidak* bersifat personal/confidential.


d. ADDED! Removal engine khusus untuk membersihkan secara tuntas trojan NgrBot yang menyebar luas di Indonesia.


e. FIXED! Perbaikan RTP yang mengganggu kinerja sistem pada komputer tertentu.


f. IMPROVED! Fitur LinkProtector yang tidak lagi bentrok dengan antivirus luar seperti AVG dan ESS.


g. IMPROVED! Ditambahkan notifikasi berupa baloon tips pada tray icon setelah memblok koneksi yang menuju link berbahaya.

h. UPDATED! Ditambahkan database pengenal dan pembersih 120 virus lokal/asing/varian baru yang dilaporkan menyebar di Indonesia. Total 4711 virus beserta variannya.


i. IMPROVED! Perubahan nama virus mengikuti varian baru yang ditemukan.


j. IMPROVED! Perbaikan beberapa minor bug dan improvisasi kode internal untuk memastikan bahwa PCMAV tetap menjadi antivirus kebanggaan Indonesia.


Dual-Core Antivirus Engine, PCMAV dan CLAMAV


Perhatian, dengan database pengenal virus terbaru dari clamav yang cukup besar, maka konsekuensi logis penggunaan engine Clamav di PCMAV akan cukup berpengaruh pada lebih lamanya proses pendeteksian file serta membutuhkan memori yang lebih besar. Selain itu, engine Clamav lebih ditujukan sebagai sebuah scanner yang 'tidak' dilengkapi prosedur removal layaknya engine PCMAV. Maka dari itu, setiap virus yang terdeteksi oleh engine Clamav hanya dapat dilakukan penghapusan file tanpa upaya penuntasan/perbaikan/pemulihan file dan sistem.


PCMAV, dalam mendeteksi virus, selain menggunakan engine-nya sendiri,juga dapat dipadukan dengan ClamAV. Kombinasi yang dihasilkan darikeduanya sungguh dahsyat untuk mendeteksi virus komputer.



ClamAV (www.clamav.net) merupakan program antivirus opensource untuk Unix yang berlisensi GPL v2. Penggunaan double engine ini bertujuan agar hasil pendeteksian virus bisa didapat lebih banyak lagi. Database dari ClamAV sendiri saat ini mencapai 800.000 virus/malware lebih. Tentu saja konsekuensi logis dari besarnya database ini adalah lebih lamanya proses pendeteksian dibanding tanpa engine ClamAV, tapi tentu hasilnya pun lebih meyakinkan.



Untuk itu dibutuhkan beberapa file library (libclamav.dll, libclamunrar.dll, dan libclamunrar_iface.dll) dan dua file database virus (main.cvd dan daily.cvd) yang wajib diletakkan ke dalam folder "\plugins\clamav" di mana folder PCMAV berada. Untuk lebih jelasnya, dalam mengintegrasikan ClamAV ini ke dalam PCMAV, berikut urutan langkah-langkahnya:

Pastikan sistem operasi Windows Anda menggunakan library MSVCRT80 yang sesuai. Jika tidak, ClamAV tidak akan bisa terintegrasi dengan baik. Jika itu yang terjadi, silakan Anda download file berikut, ekstrak dan tempatkan file-filenya (Microsoft.VC80.CRT.manifest, msvcm80.dll, msvcp80.dll, dan msvcr80.dll) bersamaan dengan file ClamAV lainnya di folder \plugins\clamav:



Download Microsoft.VC80.CRT disini




CLAMAV 0.97.1

=============

CATATAN: Minta bantuan rekan Anda yang berpengalaman berkomputer untuk membantu jika dirasa Anda kurang dapat memahami instruksi di bagian ini.



1. Buat folder baru "\plugins\clamav" di dalam folder di mana PCMAV  berada. Perhatikan ada huruf "s" di penamaan folder "plugins".



2. Prosedur penginstalan library ClamAV:

   A. Download file library ClamAV disini
      Lihat pada bagian "Current Stable", dan download file library ClamAV 0.97 disini                      

     
      Apabila link tersebut sudah tidak aktif lagi karena adanya update  atau adanya perubahan versi, silakan download file baru yang tersedia yang mengandung string "-win32-".



      Catatan:

        Jika terjadi permasalahan saat penggabungan dengan engine PCMAV terbaru, untuk sementara gunakan library ClamAV 0.95.3, download disini
      
   B. Setelah Anda mendapatkan file "clamav-win32-0.97.1.7z" hasil download tadi, lakukan ekstrak beberapa file berikut ke dalam folder  \plugins\clamav:

         - libclamav.dll

         - libclamunrar.dll

         - libclamunrar_iface.dll



      * 7z merupakan file archive 7-Zip. Gunakan program 7-Zip yang dapat anda download disini

    

3. Prosedur penginstalan database virus ClamAV bisa dilakukan dengan dua cara: OTOMATIS atau MANUAL. Berikut caranya:


   A. OTOMATIS: Sebelum menjalankan PCMAV, pastikan komputer Anda terhubung ke Internet dan non-proxy. Setelah langkah No.2 diatas telah selesai, jalankan PCMAV.EXE, maka PCMAV akan melakukan update secara otomatis terhadap file "main.cvd" dan "daily.cvd" yang keduanya merupakan database virus ClamAV. 
   

   ATAU



   A. MANUAL: Download dengan menggunakan download manager file database harian disini



      CATATAN: Jika dengan cara penunjukan langsung alamat seperti di atas browser Anda gagal men-download kedua file tersebut, maka masuklah ke situs www.clamav.net, lalu tepat di bawah judul "Latest releases" terdapat link "daily.cvd". Anda tinggal meng-klik kanan link tiap file tersebut, lalu pilih "Save As".



   B. MANUAL: Tempatkan file "daily.cvd" tersebut beserta file "main.cvd" yang terdapat pada folder ClamAV di CD/DVD majalah PC Media edisi ini ke dalam folder \plugins\clamav.



4. Setelah semua prosedur No.3 di atas dilakukan, pastikan bahwa pada folder \plugins\clamav telah terdapat 5 (lima) buah file, yaitu:



   1. libclamav.dll          ==> hasil ekstrak download

   2. libclamunrar.dll       ==> hasil ekstrak download

   3. libclamunrar_iface.dll ==> hasil ekstrak download

   4. main.cvd               ==> dari paket ClamAV di CD/DVD PC Media,

                                 atau update otomatis

   5. daily.cvd              ==> hasil download atau update otomatis.

  

   Sekarang Anda jalankan PCMAV.EXE, apabila ClamAV tersebut berhasil diintegrasikan oleh PCMAV maka akan tampil informasi mengenai database ClamAV pada kolom "PCMAV Informations". Dan Anda sekarang dapat menggunakan PCMAV seperti biasa (termasuk   RTP), tentunya dengan database virus yang lebih banyak.


PCMAV terdeteksi sebagai virus atau malware oleh antivirus lain

Pengguna antivirus seperti AVIRA Antivir, AVG, atau yang lainnya akan menampilkan pesan bahwa pada PCMAV atau file update-nya telah terdeteksi adanya virus (misal pada AVG dideteksi sebagai Trojan Horse SHeur2.CKXV). Pendeteksian tersebut merupakan hasil dari engine heuristik AVG yang salah mendeteksi file PCMAV.exe sebagai Trojan Horse SHeur2.CKXV (false alarm). Antivirus lain yang cukup banyak penggunanya, yaitu Avast/Avast5 juga salah mendeteksi PCMAV sebagai virus dengan nama Win32:Malware-gen.
Solusi sementara cukup nonaktifkan terlebih dahulu antivirus AVG ketika akan menjalankan PCMAV untuk melakukan pembersihan file data dan sistem. Selanjutnya jika telah selesai, jalankan kembali AVG sebagai pengawal sistem Anda.



sumber : pcmav.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar