Rabu, 17 Agustus 2011

Buku Sekolah Elektronik, E-Book Gratis dari KEMDIKNAS

Artikel berikut ini ditujukan kepada para pelajar, guru,dan seluruh masyarakat Indonesia, yang suka membaca buku, atau yang membutuhkan buku bacaan sekolah. 
Buku Sekolah Elektronik (e-book) yang dimaksud berasal dari situs BSE Kementrian Pendidikan Nasional, di situs tersebut menyediakan e-book khususnya untuk pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA /SMK.
Untuk mendapatkannya, kita terlebih dahulu harus mendaftar (buat akun baru, isi formulir pendaftaran, kemudian login). Umumnya e-book hasil download dalam format RAR, sehingga untuk membacanya harus diekstrak. Bagi yang belum punya softwarenya, jangan khawatir, situs ini juga menyediakan software tersebut (ada pada tab software pendukung) yaitu Winrar dan Adobe PDF Reader.




Sebagai contoh BSE atau e-book sekolah, silahkan klik link download Buku Sains IPA kelas 3 SD
Jika ingin dibaca di hp pun bisa, anda tinggal menginstall file java pdf reader untuk hp ini di hp anda. (catatan : hpnya support java)

Berikut ini penjelasan apa dan bagaimana Buku Sekolah Elektronik ini, yang dikutip dari situs kemdiknas.go.id

LATAR BELAKANG

Buku merupakan salah satu sarana penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu permasalahan perbukuan dalam era otonomi daerah dewasa ini adalah ketersediaan buku yang memenuhi standar nasional pendidikan dengan harga murah yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Untuk mengatasi hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional telah membeli hak cipta buku teks pelajaran dari penulis/penerbit. Selanjutnya buku-buku tersebut disajikan dalam bentuk buku elektronik(e-book) dengan nama Buku Sekolah Elektronik (BSE).

VISI DAN MISI

Menyediakan buku sekolah yang memenuhi standar, bermutu, murah dan mudah diperoleh.

TUJUAN

  1. Menyediakan sumber belajar alternatif bagi siswa.
  2. Merangsang siswa untuk berpikir kreatif dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Memberi peluang kebebasan untuk menggandakan, mencetak, memfotocopy, mengalihmediakan, dan/atau memperdagangkan BSE tanpa prosedur perijinan, dan bebas biaya royalti sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan Menteri.
  4. Memberi peluang bisnis bagi siapa saja untuk menggandakan dan memperdagangkan dengan proyeksi keuntungan 15% sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan Menteri.

SASARAN

BSE ditujukan untuk siswa, guru, dan seluruh masyarakat Indonesia.

PENGGANDAAN BSE UNTUK DIPERDAGANGKAN.

BSE,baik dalam bentuk buku maupun rekaman cakram (CD/DVD) dapat digandakan dan diperdagangkan dengan ketentuan tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar